Features Title Here. Consectetur adipisicing elit sed

Features Content Here. Sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Dr. A. M. VERES PERSONAL WEB

Featuring...
RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik
RS Internasional Delta Surya Sidoarjo

STRATEGI TEPAT PENANGANAN DEMAM PADA ANAK (Panduan Bagi Orang Tua di Rumah)

Minggu, 10 April 2011

Posting ini di tujukan sebagai pegangan bagi orang tua terutama yang mempunyai anak balita. Yang disampaikan dalam tulisan ini merupakan pengalaman pribadi saya yang saya dapatkan selama praktek dan dinas dalam 7 tahun terakhir ini. Sering para orang tua panik dan khawatir ketika anaknya tercinta demam dan panas tinggi yang tidak mau turun dengan obat dipasaran. Banyak diantara pasien saya yang datang dengan kondisi seperti diatas. Walaupun baru satu hari panas para orang tua tersebut begitu khawatir. Untuk mengatasi kekhawatiran itu, disini saya mau membagikan beberapa tips untuk para orang tua dirumah ketika si kecil panas.

OBATYang harus diingat dan diperhatikan oleh para orang tua adalah pertama jangan panik. Hampir 90% kasus demam pada anak penyebabnya adalah virus yang tidak berbahaya. Jadi jangan terburu-buru memberikan Antibiotik pada hari pertama anak panas, karena antibiotik bukan obatnya virus. Berikut obat pilihan untuk menurunkan panas :

Paracetamol
Dosisnya 10-15 mg per berat badan tiap kali pemberian, pemberian paracetamol ini bisa diulang tiap 4-6 kali sehari (tiap 4-6 jam sekali). Ada berbagai macam merk paracetamol yang tersedia di apotek. misalnya : panadol, pamol, sanmol, praxion, dsb. jika anak anda dibawah 5 bulan sebaiknya anda memberikan sediaan yang drop, jika diatas usia tersebut anda dapat memberikan sediaan syrup. Perhatikan dosis dalam sediaan. Pada sediaan drop, biasanya 60 mg paracetamol tiap ml nya. Kalau pada sediaan Syrup biasanya 100 mg-120 mg tiap 5 ml nya. Sebelum memberikan pada anak anda perhatikan berapa ml yang harus diminumkan.

Metamizole
Obat lain yang bisa jadi alternatif adalah golongan metamizole (antalgin), merk yang banyak beredar adalah Novalgin. Sama dengan paracetamnol sediaannya ada yang drop dan ada yang syrup. Dosis pemberiannya juga sama 10-15 mg per berat badan tiap kali pemberian

Ibuprofen
Dan obat yang lain ada Ibuprofen merek dagangnya ada buffect, ada proris, ada prosinal dll. untuk dosisnya  5-10 mg per berat badan tiap ali pemberian. tapi obaty ini sebaiknya diberikan pada anak diatas usia 1 tahun. Karena jika terlalu sering menggunakan obat golongan ini pada anak terutama anak usia dibawah 1 tahun akan kurang baik buat liver anak.

Jika panas anak anda membandel sekali tidak mau turun dengan salah satu pilihan obat diatas, anda bisa mengkombinasikan paracetamol dengan dosis penuh dan salah satu obat dibawahnya (metamizole atau ibuprofen) dengan dosis separuhnya. dengan itu biasanya akan dapat memperpanjang dan menambah efektifitas penurunan panas oleh obat tersebut.

KOMPRES
Selain obat penurun panas, gunakan juga kompres untuk membantu penurunan suhu. Jangan pakai kompres hangat atau kompres dingin. Pakailah kompres dengan air biasa. dan jangan hanya di kompres pada dahi atau ketiak saja. Kompres pada semua bagian tubuh termasuk dada dan perut.

MINUM
Beri minum anak sesering mungkin dan sebanyak anak bisa. Karena dengan peningkatan suhu tubuh, akan terjadi evaporasi (penguapan air) dari dalam tubuh lebih banyak. Jika anak dalam kondisi kekurangan cairan karena penguapan yang berlebihan tadi maka obat penurun panas dan kompres biasanya tidak efektif. Minum apa yang paling baik? Sebenarnya idealnya adalah air putih. Tapi jika nafsu makan anak juga terganggu akan lebih baik diberi teh hangat manis. Selain minum makan juga harus diberikan walaupun sedikit2. Jika anak sulit makan berikan sedikit2 dengan frekuensi yang lebih sering. Intinya ketika anak demam orang tua harus bisa nelateni makan dan minum si anak untuk menunjang daya tahan tubuh anak guna melawan infeksi, terutama infeksi karena virus.

MENGATASI PENYULIT
Muntah
Penyulit yang sering muncul pada demam adalah muntah. Bagaimana mengatasinya? anda bisa memberikan obat anti muntah yang banyak terdapat di apotek seperti golongan metoclopramide dengan merk primperan dll, domperidone dengan merk vometa dll, ondancetron dengan merk narfos dll. Dosis bisa anda lihat pada label obat. yang terutama harus diperhatikan adalah cara pemberian obat. obat anti muntah ini harus diberikan sebelum makan dan minum. setelah pemberian obat muntah ini jangan diberi makan dan minum apapun selang 30 menit, biarkan obatnya bekerja dulu, baru setelah itu obat panas bisa masuk. jika obat di muntahkan kembali ioleh anak ulangi dengan dosis penuh. Hal ini juga berlaku pada obat panas.

Batuk Pilek dan Dahak
Anda dapat memberikan obat batuk pilek yang ada di apotik, kalau bisa yang murni untuk batuk pilek (tanpa paracetamol) supaya anda dapat memberikan paracetamol dan obat batuk pilek dengan lebih fleksible sesuai dengan gejala yang muncul. pemilihan obat batuk pilek ini ada beberapa macam. Ada yang batuk pilek alergi, ada yang batuk pilek dengan batuk kering, ada batuk pilek dengan batuk berdahak. Jika pada keluarga memang ada riwayat alergi seperti asma dan pilek alergi sebaiknya anda memilih obat batuk pilek alergi, jika batuknya kering seyogyanya anda memilih obat batuk pilek dengan antitusif, untuk batuk berdahak sebaiknya anda pilih obat batuk pilek dengan ekspectoran. banyak sekali merk yang ada di apotik, anda bisa memilih sesuai dengan rasa kesukaan anak anda. bagaimana jika dahak begitu banyak dan tidak bisa keluar sehingga merangsang anak untuk muntah? anda dapat memberikan nebulizer (penguapan) dengan obat bisolvon solution dan nacl 0,9%. Dosis bisolvon solution adalah 1-2 tetes tiap berat badan dan nacl 0,9% 1-3 cc tiap kali penguapan. penguapan jika dapat diulang tiap 6 jam jika dahak begitu banyak. Anda dapat membeli alat nebulizer ini di toko alat kesehatan dengan harga 500 rb sampai 2 juta. tergantung merk yang biasanya sudah satu paket dengan selang dan masker untuk penguapannya. Minta penjelasan pemakaiannya pada penjual.

Kerjang
penyulit ini yang paling mengkhawatirkan dan perlu pemeriksaan dan pengawasan dokter di Rumah Sakit. Jika ada penyulit berupa kejang anda harus segera bersiap untuk membawa anak anda ke Rumah sait secepatnya. terlebih dahulu anda dapat memberikan anti kejang diazepam supp (dimasukkan via dubur) merknya ada valium, stesolid, valisanbe dll, tapi obat ini harus dibeli dengan resep dokter tidak bisa dijual bebas. jika anda tidak mempunyai diazepam supp berikan penurun panas paraceamol atau ibuprofen supp dan langsung larikan anak anda ke Rumah sakit / fasilitas kesehatan terdekat.

Demikian posting dari saya. Jika anda ada pertanyaan silahkan menghubungi saya di contact saya. semoga bermanfaat.

15 komentar:

Dr. A M Veres mengatakan...

monggo gan silahkan kalau ada pertanyaan

Anonim mengatakan...

Thx's infonya dok,

Anonim mengatakan...

Anak saya usia 3 bulan, panas badannya. Walaupun panas tp masih seering menyusu, setelah menyusu panasnya turun, tp stgh jam kemudian panas lg, sementara ini saya haanya mengompresnya dgn air hangat.. Saya belum berani memberikan oabat apapun,, kata orang2 cukup disusui saja yg banyak dan dijemur pagu hari yg lama bisa sembuh. Bagaimana menurut dokter??

didin mengatakan...

Ass Minal aidzin wal faidzin dok,, mau nanya dok sanmol syrup dan norages syrup untuk mengatasi panas bagus mana ya dok?? trima ksh,, Wassalam,,

Anonim mengatakan...

Dari berbagai penelitian keperawatan,kompres hangat lebih efektif dibanding air dingin ataupun air biasa,tidak hanya dalam menurunkan demam tapi juga efek stress pada anak akibat tindakan dengan kompres dingin atau air biasa..

Dr. A M Veres mengatakan...

Jika kasusnya spt itu di observasi saja asal suhu tubuh tdk lebih 38 derajat celcius. Asal minumnya kuat, saya kira g masalah. Tp jika suhu lbh 38 derajat celcius, sebaiknya anda berikan paracetamol Dan kompres untuk penanganan awal.

Dr. A M Veres mengatakan...

Minal aidIn juga mas didin. G ada istilah yang lebih bagus yang mana. Cuma yang punya efek samping lbh minimal adalah paracetamol. Norages (red:metamizol) bisa anda kombinasikan dengan paracetamol di selang seling tiap 4 jam jika panas bandel. Dan efek samping metamizol juga g besar. Jd cukup aman untuk anak anda.thanx

Dr. A M Veres mengatakan...

Tergantung pengalaman klinis. Kalau yang saya baca di berbagai jurnal kedokteran dan jurnal IDAI (ikatan dokter anak indonesia), air biasa lbh efektif. Pakai air hangat juga boleh..asal jangan pakai air dingin karena akan muncul rebound dan alhasil suhu tubuh anak aanda akan maakin tinggi. Air dingin hanya menurunkan suhu permukaan, bukan suhu inti tubuh.. sedangkan target dalam menurunkan panas adalah menurunkan suhu inti tubuh..makasih

fitra mengatakan...

Terima kasih infonya dok, sangat menenangkan saya. Saat ini anak saya 2,5 th juga panas sejak kemaren. Semalam panas sampai 38,5 derjat celcius. Yg saya beri baru proris dg doSis 0,5 sdk obat. Berat badannya 12kg, apakah sudah tepat. Hanya saja dia sering muntah padahal masih mau makan, apa solusinya? Apakah susu msh bisa diberikan, dok? Thanks

heny sugiarto mengatakan...

makasih buat info nya dok...anak ku usia 2 tahun demam sudah 2 malam hanya pada malam hari saja itupun panasnya 39.5 dok..saya berika proris sirup 10-15 mg karena BB nya 20 kg apakah dosis yg saya berikan sudah cukup dok karena panasnya hanya turun sedkit 4 jam kemudian suhu tubuhnya mencapai 40.1 dan sampai menggigil saya berika proris supp 125 mg dan selalu saya kompres hangat..sepanjang malam kenapa demam gak mau turun ya dok dan siang harinya tanpa saya berikan obat suhu tubuhnya normal dan anaknya aktif seperrti tidak sakit.mohon infonya dok?thanks

selly mengatakan...

Mlem dok,,ank sy usia 5 bln..bdan ny lgi anget,,sy ukur pns ny pke termometer 37,7..it msh bts normal or demam dok...udh sy ksih sanmol tp panas ny naik turun...gmn y dok..??sy mw ksh proris blh ga y dok..cz bnyk yg ksh sran pke proris pnas jy cpet turun...thx

Dr. A M Veres mengatakan...

Kalau demam tinggi di mlm hari saja kemungkinan besar gejala tipes. Coba berikan cefixim syr 2x cth 1/2. Cefixim ini antibiotik jd harap dihabiskan walaupun anak sdh baikan untuk menghindari resistensi kuman dlm tubuh thd antibiotik. Untuk demamnya berikan priris syr yang forte 3x1 sendok takar. Jika selang 4 jam panas tdk mau turun..coba selang seling dengan praxion foerte syr 3x 1 sendok takar. Jika ada penyulit muntah kasih vometa syr 3x 1 sendok takar. Kalau tetap muntah beri narfoz syr 3x1 sendok takar. Jika tetap muntah dan makan minum anak terganggu. Sebaiknya di opname. Smoga membantu

Dr. A M Veres mengatakan...

Suhu normal adalah 36,5 sampai 37,5 jika di ukur dengan temperatur di ketiak. Sebaiknya umur 5 bln jgn di berikan proris karena efek samping ke liver untuk umur sekian msh cukup besar. Jika panas naik turun tp msh di bawah 38..cukup diberi sanmol aja kalau perlu diberikan tiap 6 jam. Jika suhu 38 sampai 39. Berikan antibiotik jika 3 hari pengobatan penurun panas tdk reda. Pilihan antibiotik yang aman sebagai berikut. Jika disertai batuk pilek berikan amoxixilin atau cefadroxil. Jika disertai muntah atau bab lembek atau sembelit. Pilihan anti biotik lbh tepat memakai thiampenicol atau cotrimoksazol. Untuk dosis berdasarkan berat badan. Bisa anda browsing di google. Jika panas tinggi 39 atau lebih... jangan menunda memberi antibiotik atau segera periksakan ke dokter setempat.

Anonim mengatakan...

Anak saya 3 tahun 30 kg tiba2 pulang sekolah lemas dan wajah memerah. Sorenya saya ukur langsung 39 derajat. Drumah ada praxion, kalo boleh tau dosis untuk anak saya berapa sendok takar ya?
Dan apa harus observasi atau langsung ke dsa? Thx

Farlin Indrawaty mengatakan...

Anak saya umurnya 7bln, skrg dia demam.. dokk obat yg bagus utk penurun demam dan nyeri apa ya?

Poskan Komentar

MY FAM'S

Ini dia Brader...Keluarga Kecilku....

Veinerist "Vevay" Vitacera Al Verezi

Veinerist "Vevay" Vitacera Al Verezi
My Daughter. Anak pertama saya kelahiran 13 April 2009. namanya mempunyai arti yang dalam buat saya "Keturunan Pertama Pembawa Aura Putih Kehidupan"

Dr. Lia Nurlela Anggraeni

Dr. Lia Nurlela Anggraeni
BELOVED WIFE. Dokter lulusan PMDK Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta lulusan 2008. Penyayang suami anak dan keluarga