Features Title Here. Consectetur adipisicing elit sed

Features Content Here. Sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Dr. A. M. VERES PERSONAL WEB

Featuring...
RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik
RS Internasional Delta Surya Sidoarjo

STRATEGI TEPAT PENANGANAN DEMAM PADA ANAK (Panduan Bagi Orang Tua di Rumah)

Minggu, 10 April 2011

Posting ini di tujukan sebagai pegangan bagi orang tua terutama yang mempunyai anak balita. Yang disampaikan dalam tulisan ini merupakan pengalaman pribadi saya yang saya dapatkan selama praktek dan dinas dalam 7 tahun terakhir ini. Sering para orang tua panik dan khawatir ketika anaknya tercinta demam dan panas tinggi yang tidak mau turun dengan obat dipasaran. Banyak diantara pasien saya yang datang dengan kondisi seperti diatas. Walaupun baru satu hari panas para orang tua tersebut begitu khawatir. Untuk mengatasi kekhawatiran itu, disini saya mau membagikan beberapa tips untuk para orang tua dirumah ketika si kecil panas.

OBATYang harus diingat dan diperhatikan oleh para orang tua adalah pertama jangan panik. Hampir 90% kasus demam pada anak penyebabnya adalah virus yang tidak berbahaya. Jadi jangan terburu-buru memberikan Antibiotik pada hari pertama anak panas, karena antibiotik bukan obatnya virus. Berikut obat pilihan untuk menurunkan panas :

Paracetamol
Dosisnya 10-15 mg per berat badan tiap kali pemberian, pemberian paracetamol ini bisa diulang tiap 4-6 kali sehari (tiap 4-6 jam sekali). Ada berbagai macam merk paracetamol yang tersedia di apotek. misalnya : panadol, pamol, sanmol, praxion, dsb. jika anak anda dibawah 5 bulan sebaiknya anda memberikan sediaan yang drop, jika diatas usia tersebut anda dapat memberikan sediaan syrup. Perhatikan dosis dalam sediaan. Pada sediaan drop, biasanya 60 mg paracetamol tiap ml nya. Kalau pada sediaan Syrup biasanya 100 mg-120 mg tiap 5 ml nya. Sebelum memberikan pada anak anda perhatikan berapa ml yang harus diminumkan.

Metamizole
Obat lain yang bisa jadi alternatif adalah golongan metamizole (antalgin), merk yang banyak beredar adalah Novalgin. Sama dengan paracetamnol sediaannya ada yang drop dan ada yang syrup. Dosis pemberiannya juga sama 10-15 mg per berat badan tiap kali pemberian

Ibuprofen
Dan obat yang lain ada Ibuprofen merek dagangnya ada buffect, ada proris, ada prosinal dll. untuk dosisnya  5-10 mg per berat badan tiap ali pemberian. tapi obaty ini sebaiknya diberikan pada anak diatas usia 1 tahun. Karena jika terlalu sering menggunakan obat golongan ini pada anak terutama anak usia dibawah 1 tahun akan kurang baik buat liver anak.

Jika panas anak anda membandel sekali tidak mau turun dengan salah satu pilihan obat diatas, anda bisa mengkombinasikan paracetamol dengan dosis penuh dan salah satu obat dibawahnya (metamizole atau ibuprofen) dengan dosis separuhnya. dengan itu biasanya akan dapat memperpanjang dan menambah efektifitas penurunan panas oleh obat tersebut.

KOMPRES
Selain obat penurun panas, gunakan juga kompres untuk membantu penurunan suhu. Jangan pakai kompres hangat atau kompres dingin. Pakailah kompres dengan air biasa. dan jangan hanya di kompres pada dahi atau ketiak saja. Kompres pada semua bagian tubuh termasuk dada dan perut.

MINUM
Beri minum anak sesering mungkin dan sebanyak anak bisa. Karena dengan peningkatan suhu tubuh, akan terjadi evaporasi (penguapan air) dari dalam tubuh lebih banyak. Jika anak dalam kondisi kekurangan cairan karena penguapan yang berlebihan tadi maka obat penurun panas dan kompres biasanya tidak efektif. Minum apa yang paling baik? Sebenarnya idealnya adalah air putih. Tapi jika nafsu makan anak juga terganggu akan lebih baik diberi teh hangat manis. Selain minum makan juga harus diberikan walaupun sedikit2. Jika anak sulit makan berikan sedikit2 dengan frekuensi yang lebih sering. Intinya ketika anak demam orang tua harus bisa nelateni makan dan minum si anak untuk menunjang daya tahan tubuh anak guna melawan infeksi, terutama infeksi karena virus.

MENGATASI PENYULIT
Muntah
Penyulit yang sering muncul pada demam adalah muntah. Bagaimana mengatasinya? anda bisa memberikan obat anti muntah yang banyak terdapat di apotek seperti golongan metoclopramide dengan merk primperan dll, domperidone dengan merk vometa dll, ondancetron dengan merk narfos dll. Dosis bisa anda lihat pada label obat. yang terutama harus diperhatikan adalah cara pemberian obat. obat anti muntah ini harus diberikan sebelum makan dan minum. setelah pemberian obat muntah ini jangan diberi makan dan minum apapun selang 30 menit, biarkan obatnya bekerja dulu, baru setelah itu obat panas bisa masuk. jika obat di muntahkan kembali ioleh anak ulangi dengan dosis penuh. Hal ini juga berlaku pada obat panas.

Batuk Pilek dan Dahak
Anda dapat memberikan obat batuk pilek yang ada di apotik, kalau bisa yang murni untuk batuk pilek (tanpa paracetamol) supaya anda dapat memberikan paracetamol dan obat batuk pilek dengan lebih fleksible sesuai dengan gejala yang muncul. pemilihan obat batuk pilek ini ada beberapa macam. Ada yang batuk pilek alergi, ada yang batuk pilek dengan batuk kering, ada batuk pilek dengan batuk berdahak. Jika pada keluarga memang ada riwayat alergi seperti asma dan pilek alergi sebaiknya anda memilih obat batuk pilek alergi, jika batuknya kering seyogyanya anda memilih obat batuk pilek dengan antitusif, untuk batuk berdahak sebaiknya anda pilih obat batuk pilek dengan ekspectoran. banyak sekali merk yang ada di apotik, anda bisa memilih sesuai dengan rasa kesukaan anak anda. bagaimana jika dahak begitu banyak dan tidak bisa keluar sehingga merangsang anak untuk muntah? anda dapat memberikan nebulizer (penguapan) dengan obat bisolvon solution dan nacl 0,9%. Dosis bisolvon solution adalah 1-2 tetes tiap berat badan dan nacl 0,9% 1-3 cc tiap kali penguapan. penguapan jika dapat diulang tiap 6 jam jika dahak begitu banyak. Anda dapat membeli alat nebulizer ini di toko alat kesehatan dengan harga 500 rb sampai 2 juta. tergantung merk yang biasanya sudah satu paket dengan selang dan masker untuk penguapannya. Minta penjelasan pemakaiannya pada penjual.

Kerjang
penyulit ini yang paling mengkhawatirkan dan perlu pemeriksaan dan pengawasan dokter di Rumah Sakit. Jika ada penyulit berupa kejang anda harus segera bersiap untuk membawa anak anda ke Rumah sait secepatnya. terlebih dahulu anda dapat memberikan anti kejang diazepam supp (dimasukkan via dubur) merknya ada valium, stesolid, valisanbe dll, tapi obat ini harus dibeli dengan resep dokter tidak bisa dijual bebas. jika anda tidak mempunyai diazepam supp berikan penurun panas paraceamol atau ibuprofen supp dan langsung larikan anak anda ke Rumah sakit / fasilitas kesehatan terdekat.

Demikian posting dari saya. Jika anda ada pertanyaan silahkan menghubungi saya di contact saya. semoga bermanfaat.

62 komentar:

Dr. A M Veres mengatakan...

monggo gan silahkan kalau ada pertanyaan

Anonim mengatakan...

Thx's infonya dok,

Anonim mengatakan...

Anak saya usia 3 bulan, panas badannya. Walaupun panas tp masih seering menyusu, setelah menyusu panasnya turun, tp stgh jam kemudian panas lg, sementara ini saya haanya mengompresnya dgn air hangat.. Saya belum berani memberikan oabat apapun,, kata orang2 cukup disusui saja yg banyak dan dijemur pagu hari yg lama bisa sembuh. Bagaimana menurut dokter??

didin mengatakan...

Ass Minal aidzin wal faidzin dok,, mau nanya dok sanmol syrup dan norages syrup untuk mengatasi panas bagus mana ya dok?? trima ksh,, Wassalam,,

Anonim mengatakan...

Dari berbagai penelitian keperawatan,kompres hangat lebih efektif dibanding air dingin ataupun air biasa,tidak hanya dalam menurunkan demam tapi juga efek stress pada anak akibat tindakan dengan kompres dingin atau air biasa..

Dr. A M Veres mengatakan...

Jika kasusnya spt itu di observasi saja asal suhu tubuh tdk lebih 38 derajat celcius. Asal minumnya kuat, saya kira g masalah. Tp jika suhu lbh 38 derajat celcius, sebaiknya anda berikan paracetamol Dan kompres untuk penanganan awal.

Dr. A M Veres mengatakan...

Minal aidIn juga mas didin. G ada istilah yang lebih bagus yang mana. Cuma yang punya efek samping lbh minimal adalah paracetamol. Norages (red:metamizol) bisa anda kombinasikan dengan paracetamol di selang seling tiap 4 jam jika panas bandel. Dan efek samping metamizol juga g besar. Jd cukup aman untuk anak anda.thanx

Dr. A M Veres mengatakan...

Tergantung pengalaman klinis. Kalau yang saya baca di berbagai jurnal kedokteran dan jurnal IDAI (ikatan dokter anak indonesia), air biasa lbh efektif. Pakai air hangat juga boleh..asal jangan pakai air dingin karena akan muncul rebound dan alhasil suhu tubuh anak aanda akan maakin tinggi. Air dingin hanya menurunkan suhu permukaan, bukan suhu inti tubuh.. sedangkan target dalam menurunkan panas adalah menurunkan suhu inti tubuh..makasih

fitra mengatakan...

Terima kasih infonya dok, sangat menenangkan saya. Saat ini anak saya 2,5 th juga panas sejak kemaren. Semalam panas sampai 38,5 derjat celcius. Yg saya beri baru proris dg doSis 0,5 sdk obat. Berat badannya 12kg, apakah sudah tepat. Hanya saja dia sering muntah padahal masih mau makan, apa solusinya? Apakah susu msh bisa diberikan, dok? Thanks

Unknown mengatakan...

makasih buat info nya dok...anak ku usia 2 tahun demam sudah 2 malam hanya pada malam hari saja itupun panasnya 39.5 dok..saya berika proris sirup 10-15 mg karena BB nya 20 kg apakah dosis yg saya berikan sudah cukup dok karena panasnya hanya turun sedkit 4 jam kemudian suhu tubuhnya mencapai 40.1 dan sampai menggigil saya berika proris supp 125 mg dan selalu saya kompres hangat..sepanjang malam kenapa demam gak mau turun ya dok dan siang harinya tanpa saya berikan obat suhu tubuhnya normal dan anaknya aktif seperrti tidak sakit.mohon infonya dok?thanks

selly mengatakan...

Mlem dok,,ank sy usia 5 bln..bdan ny lgi anget,,sy ukur pns ny pke termometer 37,7..it msh bts normal or demam dok...udh sy ksih sanmol tp panas ny naik turun...gmn y dok..??sy mw ksh proris blh ga y dok..cz bnyk yg ksh sran pke proris pnas jy cpet turun...thx

Dr. A M Veres mengatakan...

Kalau demam tinggi di mlm hari saja kemungkinan besar gejala tipes. Coba berikan cefixim syr 2x cth 1/2. Cefixim ini antibiotik jd harap dihabiskan walaupun anak sdh baikan untuk menghindari resistensi kuman dlm tubuh thd antibiotik. Untuk demamnya berikan priris syr yang forte 3x1 sendok takar. Jika selang 4 jam panas tdk mau turun..coba selang seling dengan praxion foerte syr 3x 1 sendok takar. Jika ada penyulit muntah kasih vometa syr 3x 1 sendok takar. Kalau tetap muntah beri narfoz syr 3x1 sendok takar. Jika tetap muntah dan makan minum anak terganggu. Sebaiknya di opname. Smoga membantu

Dr. A M Veres mengatakan...

Suhu normal adalah 36,5 sampai 37,5 jika di ukur dengan temperatur di ketiak. Sebaiknya umur 5 bln jgn di berikan proris karena efek samping ke liver untuk umur sekian msh cukup besar. Jika panas naik turun tp msh di bawah 38..cukup diberi sanmol aja kalau perlu diberikan tiap 6 jam. Jika suhu 38 sampai 39. Berikan antibiotik jika 3 hari pengobatan penurun panas tdk reda. Pilihan antibiotik yang aman sebagai berikut. Jika disertai batuk pilek berikan amoxixilin atau cefadroxil. Jika disertai muntah atau bab lembek atau sembelit. Pilihan anti biotik lbh tepat memakai thiampenicol atau cotrimoksazol. Untuk dosis berdasarkan berat badan. Bisa anda browsing di google. Jika panas tinggi 39 atau lebih... jangan menunda memberi antibiotik atau segera periksakan ke dokter setempat.

Anonim mengatakan...

Anak saya 3 tahun 30 kg tiba2 pulang sekolah lemas dan wajah memerah. Sorenya saya ukur langsung 39 derajat. Drumah ada praxion, kalo boleh tau dosis untuk anak saya berapa sendok takar ya?
Dan apa harus observasi atau langsung ke dsa? Thx

Unknown mengatakan...

Anak saya umurnya 7bln, skrg dia demam.. dokk obat yg bagus utk penurun demam dan nyeri apa ya?

profijo mengatakan...

Pertimbangan kompres pakai air biasa apa dok? Selama ini info yg saya dapatkan, dan dipraktekkan kompres pakai air anget

Unknown mengatakan...

Dok anak saya umur 4 tahun..
udh 7 hari demam tinggi 39,6 c dan hari ni malah nympe 40,2 c..
klo mulai mlm panas ny smkin tinggi...
anak saya selain demam..disertai batuk n flu.
Udh d ksh syrup hufagrip dan kmrn k puskesmas d ksh obt..kata bidan anak saya cm demam batuk pilek aja..
tp saya bc d komen blog d atas ni anak saya sprti kena types?
Yg mana yg benar?.dan ap obt ny?
Panas gak turun2 malah semakin tinggi. .
Anak saya jg gak mw mkn n minum..
ap hrs d opname?

Anonim mengatakan...

Dok sebelumnya, cita2 sy jd dokter tp tidak tercapai.tp tdk apa2 hehe...mau tanya ke dokter aja deh biar ga penasaran.kenapa anak yg panas tinggi beberapa hr hrs diberi antibiotik selain obt penurun panas.pertimbangannya apa ya dok?mnrt dokter apakah ada efek samping dr antibiotik ke anak tersebut?sy bingung hrs memberi obat parasetamol yg harganya murah atau mhl (impor).mnrt apoteker, obat yg mhl cpt reaksi menurunkan panas dan sebaliknya.benarkah itu?apakah msng2 obat yg mhl dan murah tadi punya efek samping yg berbeda?trmksh atas bantuannya.

Noer Milansyah mengatakan...

Terimakasih infonya, sangat bermanfaat..:)

Anonim mengatakan...

Malam dok...ane dah demam hari kedua ..hari pertama ane anggap biasa dan usaha hadapin pake decolgen , eh demamnya asik balik..di kisaran 37.xx..terus ane jumpa dokter langganan, di ksh resep obat sanmol sama amoxicilin..memang sih hbs makan obatnya demamnya reda..kdg dibawah 37, kdg 37.2..tapi dok, ga bertahan lama...3-4jam..ane akan merasa dingin, dan tuh demam eh naek lagi...padahal dosis dari dokter ane cuma 3x1...tapi kalo ane ga makan..demamnya bs naek 38.9...jd terpaksa lah ane makan sanmol lagi ...berbahaya ga dok?..ane sih tny sama dokter ane perli di cek ga..katanya tidak perlu dulu karna baru hari pertama konsumsi obat dokter...tp ane khawatir dok...nb. tidak batuk/flu/sakit tenggorokan dsb..hanya demam, dan bagian pundak/rambut dipegang sakit kyk masuk angin
Thanks dok

Unknown mengatakan...

Pagi dok. Anak saya 2tahun 2bulan bb 10.6kg. Tiba2 kemaren pagi bdn panas 38.5.. saya ksh tempra setiap 4-5jem sekali krn panas tidak kunjung turun. Tp tidak terlalu efek. Sampe skrg juga msh 38derajat kurang lbh. Gimana ya dok? Anak msh mau minum tp ga mau mkn. Thx dok

Unknown mengatakan...

Siang dok. keponakan saya panasnya naik turun, minum susunya masih mau. sudah dikasih obat sanmol, sekarang agak lemes dok keponakan saya. thanks ya dok.

Unknown mengatakan...

Dok saya mau bertanya.
Apabila ad anak yg berusia 1 tahun anak itu demam panasnya 38°c berat badannya 10 kg demamnya itu sudah 2 hari dan lidahnya terdapat sariawan dan radang tenggorokan. Dia hanya bisa minun obat serbuk, terapi apa y dok yg bisa diberikan? Terimakasih

Unknown mengatakan...

saya mau tanya dok
anak saya sejak umur 6 bulan pernah kejang demam, sampe sekarang umur 19 bulan juga masih kejang di saat demam, padahal sudah terapi obat lepsio 1 tahun lebih,dan sudah periksa EEG dan CT scan, hasilnya juga normal semua.tp kenapa kalau demam 38,5 pasti kejang.untuk menurunkan panasnya itu sulit, di kasih paracetamol merk apa saja sudah mempan. bagaimana solusi agar anak saya tidak gampang badanya panas?

Unknown mengatakan...

saya mau tanya dok
anak saya sejak umur 6 bulan pernah kejang demam, sampe sekarang umur 19 bulan juga masih kejang di saat demam, padahal sudah terapi obat lepsio 1 tahun lebih,dan sudah periksa EEG dan CT scan, hasilnya juga normal semua.tp kenapa kalau demam 38,5 pasti kejang.untuk menurunkan panasnya itu sulit, di kasih paracetamol merk apa saja sudah mempan. bagaimana solusi agar anak saya tidak gampang badanya panas?

Dr. A M Veres mengatakan...

Untuk demamnya coba racikan resep ini:
R/ sanmol 500 mg III tablet
Mefinal 500 mg II tablet
Valisanbe 2 mg III tablet
mfla pulv no XII/ 3 dd I pulv

Puyer panas ini bisa di ulang tiap 4 jam kalau di perlukan. Akan tetapi racikan ini harus memakai resep dokter. Untuk penyebab demam radang tenghorokan dan sariawannya sebaiknya dibawa ke dokter setempat untuk menilai infeksinya karena apa. Karena bakteri...virus atau jamur. Sebelum penyebab itu di nilai dan di obati..demam akan tetap naik turun. Semiga bs membantu

EKHI mengatakan...

dok, anak saya usia 8 bulan 1 minggu, dia terkena step, saya sudah memberikannya alkohol di sekujur tubuhnya, dan juga obat merk tempra drop,obat domperidon drop karena sering muntah, tapi stelah beberapa jam suhu badannya naik lagi stelah minum obat, saya mau tanya dok, apakah saya harus memberikannya obat stesolid diazepam agar tidak kena step lagi dok jika demam? atau adakah obat lainnya dok?

Unknown mengatakan...

Dok,anak saya usia 5 bulan, demam tinggi setiap jam 11 malam... itu knpa ya dok?? Tapi trun jam 12 siang normal lagi suhu tubuhnya...

fitri mengatakan...

dok anak saya usia 9 blan, demam selama 2 hari dan buang2 air, setelah dikasi obat penurun demam dan demamnya turun tapi stelahnya timbul ruam merah kecoklatan pada seluruh badan, kami bawa ke dokter setempat diberi obat namanya buang air dan katax utk virus namanya laprosin, efeknya stlah mnum obat tsb anak sy langsung lemes, knp ya dok??

Anonim mengatakan...

Klo pmberian obat panas praxion setiap 4 jam terlewat boleh ga dipercepat? Harusnya jam 8 mlm dikasih tp baru dikasih jam 11 mlm. Untuk yg selanjutnya boleh ga sy kasih lg jam 2 mlm dan berikutnya jam 4 subuh agar sesuai jadwal? Tks

Unknown mengatakan...

Dok,saya mau tanya.kemarin pas lahir anakku kena infeksi bakteri dalam darah dan pernah di berikan penurun panas dari duburnya.kata dokter anakku sekarang dinyatakan sehat.namun ada satu nganjalan dihati ku dok.anak sekarang usianya 1,5 bulan tapi setiap ketut pasti keluar bab (kadang sedikit,kadang banyak) hal ini sudah aku tanyakan ke dokter anak namun jawabannya gak pa2 sedangkan anak saya bisa bab lebih dari 24 x sehari,apakah hal itu terjadi dikarenakan pemberian obat penurun panas dari duburnya?karena aku lihat duburnya lubangnya terlihat agak besar dok.apakah anak saya sudah tidak ada penahannya apabila mau bab.kondisi anak saya sekarang aktif dok n minum susunya banyak.mohon infonya ya dok.

Anonim mengatakan...

Malam dok anak saya usia 18bulan bb 10kg saat ini terkena penyakit campak,untuk menurunkan demamnya dokter menyarankan minum penurun demam tiap 4 jam sekali apakah itu saat siang atau malam hari? Dan apakah aman jika anak saya dikasih sanmol tetapi tidak makan terlebih dahulu? Dikarenakan saat ini anak saya tidak nafsu makan karena campak .. Sekian dok terima kasih

Unknown mengatakan...

Dokter saya mau tanya.apa obat sanmol tepat n baik kah di konsumsi anak usia 1 1/2th?apa dosisnya perlu di pantau

Unknown mengatakan...

Dokter saya mau tanya.apa obat sanmol tepat n baik kah di konsumsi anak usia 1 1/2th?apa dosisnya perlu di pantau

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Malam dok.
Dok saya mau tanya
Anak saya umur 3 tahun berat badan 26 kg,
Anak saya panas dan mulutnya merah seperti panas dalam
Kalau anak saya saya berikan obat panas sanmol dosisnya berapa ml ya dok?
Anak saya panasnya belim turin

Unknown mengatakan...

Malam dok.
Dok saya mau tanya
Anak saya umur 3 tahun berat badan 16 kg,
Anak saya panas dan mulutnya merah seperti panas dalam
Kalau anak saya saya berikan obat panas sanmol dosisnya berapa ml ya dok?
Anak saya panasnya belim

Unknown mengatakan...

Malam dok.
Dok saya mau tanya
Anak saya umur 3 tahun berat badan 16 kg,
Anak saya panas dan mulutnya merah seperti panas dalam
Kalau anak saya saya berikan obat panas sanmol dosisnya berapa ml ya dok?
Anak saya panasnya belum turun juga,,
Sudah dua hari ini
Makasih dok.

Unknown mengatakan...

Malam dok.
Dok saya mau tanya
Anak saya umur 3 tahun berat badan 16 kg,
Anak saya panas dan mulutnya merah seperti panas dalam
Kalau anak saya saya berikan obat panas sanmol dosisnya berapa ml ya dok?
Anak saya panasnya belum turun juga,,
Sudah dua hari ini
Makasih dok.

Baju Anak mengatakan...

Malam dok. Anak saya umurnya 5 tahun saat ini mengalami panas 2 hari. Saya berikan obat penurun panas tempra paracetamol. Dan efek samping nya kulitnya seperti alergi bentol merah dan kalau dipegang agak hangat kulitnya. Sepertinya alergi obat. Mohon saran obat penurun panas yg lainnya

Unknown mengatakan...

Dokter,anak saya usia 1,8th bb 12kg sdh 2 hari panas tinggi diatas 38,5 hari ini panasnya 39,6 sama dokter di kasih norages sirup 2,5ml..setelah minum berangsur2 suhu tubuhnya turun,setelah 3,5jam suhu anak saya 36,1,apakah ini wajar...anak saya baik2 saja,dpt tidur lumayan pulas,saya yang agak kawatir...terimakasih utk tanggapannya.

Unknown mengatakan...

Dokter,anak saya usia 1,8th bb 12kg sdh 2 hari panas tinggi diatas 38,5 hari ini panasnya 39,6 sama dokter di kasih norages sirup 2,5ml..setelah minum berangsur2 suhu tubuhnya turun,setelah 3,5jam suhu anak saya 36,1,apakah ini wajar...anak saya baik2 saja,dpt tidur lumayan pulas,saya yang agak kawatir...terimakasih utk tanggapannya.

Unknown mengatakan...

Malam dok,,, aku mau tanya,, anakku umur 2 tahun,, dia demam baru hari ini sih demamnya,, ya masalahnya dia kuat bgt nyusunya pake formula,, aku minumin sanmol tapi tiap dikasih obat slalu minta susu udahannya, gimana ya dok.. Makasih

Unknown mengatakan...

Malam dok,,, aku mau tanya,, anakku umur 2 tahun,, dia demam baru hari ini sih demamnya,, ya masalahnya dia kuat bgt nyusunya pake formula,, aku minumin sanmol tapi tiap dikasih obat slalu minta susu udahannya, gimana ya dok.. Makasih

Unknown mengatakan...

Malam dok....mau tanya nih...anakku umur 3 thn 4 bln,dia demam dgn suhu 38.6C mulai dr td siang udah di kasih sirup paracetamol 120 mg/ 5 ml tp mlm ini panasnya 39.4C ....apakah boleh sya kasih proris ibuprofen 125 mg soalnya msih naik turun panasnya....trim's

Unknown mengatakan...

Malam dok....mau tanya nih...anakku umur 3 thn 4 bln,dia demam dgn suhu 38.6C mulai dr td siang udah di kasih sirup paracetamol 120 mg/ 5 ml tp mlm ini panasnya 39.4C ....apakah boleh sya kasih proris ibuprofen 125 mg soalnya msih naik turun panasnya....trim's

Unknown mengatakan...

Siang dok..mau tanya. Anak sy skrg umurnya 10 thn, sejak bayi usia 3 hari anak sy didiagnosa dr.spesialis anak alergi obat paracetmol, krn setiap kali konsumsi obat yg ada kndungan patacetamolnya pasti akan muncul ruam merah d kulit hingga bengkak. Jd sampe skrg klo anak sy demam selalu sy kasih proris ibuprofen...bagaimn dampaknya bwt anak sy. Trus satu lg prtanyaan sy dok, saat ini anak sy sdg sakit demam sdh lbh dr 1 minggu, dan konsumsi obat yg dresepkn dr dr.puskesmas ttpi sampai obatnya hbs blm jg ada perubahan. Lalu sy bw berobat k dr.speialis anak dan sy ceritakan ttg rwyt alergi obatnya itu. Lalu sama dokter di kasih resep obat prosis sup,krn anak sy sll merasa mual hingga susah makan jd disarankn utk menggunakan proris sup sj. Apkh ada cara/alternatif obat yg lainnya dok, krn obat smacam itu sgt susah d temukan di apotek". Atas jawaban dan perhatiannya sy ucapkan trmksh.

Unknown mengatakan...

Malam dok.ank sy berumur 2 tahun setengah.demamnya naik turun sdh hmpir seminggu.udh sy ksh obt sanmol naamun panasnya tdk kunjung sembuh.demamnya sering muncul pd saat mlm hr.demamnya dicampur ad batuk n pilek.gmn dok ap sy hrus bwakn kdokter atw gmn?
Sy mohon jwbnnya dok.

Nadhira mengatakan...

Dok saya mau tanya anak saya umur 1 thn 11 bln,pikek udh mau 2 minggu ga sembuh2,batuk trs suhu tubuhnya sll diatas 37,udh diksh proris untuk demam trs dikasih racikan puyer kata bidan buat pilek,batuk sm demam,tp ga sembuh jg trs saya binggung dok ko anak saya ga sembuh2 krn klo anak sy panas pst sy khawatir krn dia ada riwayat kejang mohon petunjuknya.terima kasih dok

Nadhira mengatakan...

Dok saya mau tanya anak saya umur 1 thn 11 bln,pikek udh mau 2 minggu ga sembuh2,batuk trs suhu tubuhnya sll diatas 37,udh diksh proris untuk demam trs dikasih racikan puyer kata bidan buat pilek,batuk sm demam,tp ga sembuh jg trs saya binggung dok ko anak saya ga sembuh2 krn klo anak sy panas pst sy khawatir krn dia ada riwayat kejang mohon petunjuknya.terima kasih dok

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Anak sy usia 4,5 th berat badan 22kg sedang dalam 38 batuk berdahak Dan pilek
Yg saya kuatirkan panasnya Dok, jika minum proris kembung, jika tempra mencret.. Ada boleh minum santagesik Dok? Terimakasih

Anonim mengatakan...

Selamat malam dok.. maaf dok mau tanya obat pilek yang tnpa parasetamol utk anak sy usia 5 tahun sedang demam, sy sudah kasih sanmol utk penurun panasnya, sdh 2 hari baru kemudian pilek nya menyusul

Unknown mengatakan...

Sore dok, anak saia usia 2th kl BAB suka keluar darah sedikit, ini kejadiannya sudah kira2 sdh sebulan lebih. Bagaimana ya dok, apa berbahaya? Trims

Unknown mengatakan...

Siang dok...sy mau ty anak sy panas udahh 2 hari...kemaren sy berobat ke klinik dkt rmh..sy bingung pas dokter nya bilang klo anak sy gk perlu d kasih anti biotik dl ...kt nya klo bsk masih panas harus d chek darah...sy bingung soal nya dr anak sy yg pertama setiap berobat biasa nya d kasih atibiotik..menurut dokter gimana...??? Terimakasihh

Unknown mengatakan...

Pagi dokter...,anak saya umur 23 bulan(hmpir 2 thn). Semalam badan nya anget dan pilek. Utk pilek nya saya ksih rhinos neo dan utk anget badan nya saya ksih sanmol.,mnurut dokter apakah saya sdh benar ?..mksih

Anonim mengatakan...

Pagi dok anak saya umur 4 tahun 10 bulan badannya memang kecil dok belum sempet saya timbang lg ini demam dok semalam hampir kejang klo saya kasih obat prorris sub bisa gak

Unknown mengatakan...

Pagi dok,saya punya anak kecil usia 16 bulan, berat badan 10 kg, skr LG demam,Krn flu batuk. saya kasih sanmol g mau turun,demamnya sampai 38, minta tolong kasih resep puyer dok.soalx lg dluar kota n week end, DSA nya pada libur..terimakasih

Unknown mengatakan...

Pagi dok,saya punya anak usia 13 bulan,berat badan 9 kg, demam disertai batuk pilek.saya kasih fasidol awal pemberian berkeringat agak reda. Setelah 1 jam kemudian naik lagi dok udh gitu susah dia nyusu nya dok di paksa2 sampai nangis. Suhu badanya tinggi banget sampai 39,2°c..mohon sarannya y dok.. terimakasih

Unknown mengatakan...

Siang dok,saya mau tanya anak saya panas sudah 2 hari.anak saya susah minum obat.kalau di beri obat muntah.gmna ya dok mengatasinya?
Dan obat apa ya dok yang cocok untuk diberikan ke anak saya??
Mohon saran nya dok.

Unknown mengatakan...

Pagi dok, anak sy tiba2 kmrin demam jam 10 pagi, padahal tidak ada aktifitas kemana2 shari krna lockdown, d siang hari panas sampai 38-39 sy beri sanmol drop dosis 1,2 ml, kemudian turun demamnya dan aktif lincah lagi, setelah itu jam 3 lagi demam tinggi sampe 40,1 sy berikan lagi sanmol dropnya.. Dan demam tetap berlangsung turun hanya 38 . mlemnya sy ajak ke spa, anak sy hanya demam tidak dosertai gejala penyerta lain, dksi obat sanmol drop, antibiotik cefotaxim, dan vitamin daya tahan tubuh, dan pamol sup.. Pamol sup sy kasi tiap 4 jam tapi demamnya hanya turun sedikit sampai 38,5 keatas.. Skrg anaknya minum susu sedikit, air sedikit, apalagi makan hanya sedikit dok.. Gmana mestinya sy.. Adakah penyakit yg memungkinkan? Oya anak sy muncul bintik kecil berisi nanah d daerah paha apakah ada tanda2 sakit cacar?

Unknown mengatakan...

dok anak saya umur 3 thn udh sebulan ini batuk kering tp batuknya malem aja kdng siang aja gtu dok, udh berobat sana sini ttp aja gak smbuh2 dok, apa lg klo dingin habis ujan mulai dia batuk,udh kespesialis anak ktanya alergi yg bulu2 dok..gmna dok solusinya saya takut ntr paru2 dok

Posting Komentar

MY FAM'S

Ini dia Brader...Keluarga Kecilku....

Veinerist "Vevay" Vitacera Al Verezi

Veinerist "Vevay" Vitacera Al Verezi
My Daughter. Anak pertama saya kelahiran 13 April 2009. namanya mempunyai arti yang dalam buat saya "Keturunan Pertama Pembawa Aura Putih Kehidupan"

Dr. Lia Nurlela Anggraeni

Dr. Lia Nurlela Anggraeni
BELOVED WIFE. Dokter lulusan PMDK Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta lulusan 2008. Penyayang suami anak dan keluarga